SISTIM PGM-FI DARI HONDA MAKIN IRIT BAHAN BAKAR

PGM-FI adalah sistim suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi control secara elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.

berikut komponen pendukung dalam skema kerja Motor HONDA PGM-FI

Image

Jika melihat perkembangan teknologi injeksi sepeda motor didunia ternyata Honda juga paling maju, Honda telah mengembangkan teknologi FI selama lebih dari 31 tahun. Di tahun 1982 Honda pertama kali memperkenalkan model CX500TURBO yang merupakan sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi FI. Model CX500Turbo (2 Cilinder 500cc) merupakan sepeda motor yang memiliki akselerasi yang lebih baik dari model CB900F (4 Cilinder 900 cc), dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari model CX500-merupakan platform dari CX500TURBO.
Dan di Indonesia motor bebek FI pertama adalah SUPRA-X125 pada tahun 2005.
Image
Injector : berfungsi menyempotkan bakan bakar menjadi kabut dan mencampurkan pada udara yang mengalir di intak manifold sehingga bercampur dengan sempurna. Injector bekerja scara electronic berdasarkan perintah ECM, dengan sebuah screener pada inlet injector.
Nozzle Fuel Injector :
– Diameter injection port : 0,125 mm
– Jumlah lubang pada injector :
6 port : SupraX125FI , SpacyFI , RevoAT , PCX , CBR150R
12 port : CBR250R
– Tekanan bahan bakar : 294kPa/12V
Image
Image
Sistem Diagnosa Mandiri (Hal ini untuk mempermudah atau biar pengendara mengetahui gejala kerusakan pada sistim Injeksi)Sistem PGM-FI dilengkapi dengan sistem diagnosa mandiri, segala kondisi sistem PGM-FI akan dimonitor oleh ECM, ECM menginformasikan ke pengendara. Bila terdapat kelainan fungsi dari salah satu atau lebih sensor, maka akan diinformasikan ke pengendara melalui kedipan lampu MIL.
Saat Sepeda Motor Honda PGM-FI kunci kontak di putar On, maka lampu akan menyala 2 detik, kemudian mati (kalibrasi). Bila sistem PGM-FI tidak ada setelah itu kegagalan sistem, maka lampu MIL akan mati terus, tetapi bila ada kegagalan/kelainan fungsi sensor-sensor, maka lampu MIL akan menyala/berkedip sesuai dengan kode kegagalan masing-masing sensor.
Lampu MIL akan berkedip sesuai dengan sensor yang mengalami kegagalan/kelainan fungsi, kedipan akan diulang-ulang sampai ada perbaikan terhadap sensor yang mengalami kegagalan fungsi. Sehingga mempermudah mekanik untuk melalukan analisa dan pemeriksaan sensor-sensor PGM-FI.
Sedemikian banyaknya kedipan, tentunya dapat menyebabkan susah membacanya, Honda menyederhanakan kode kedipan pada PGM-FI sebagai berikut :
– Kode Puluhan di nyatakan dengan kedipan panjang 1,3 detik
– Kode Satuan dinyatakan dengan kedipan pendek 0,3 detik.
– Sama seperti penulisan angka, kedipan puluhan akan menyala dulu baru diikuti dengan kode satuan (bila lebih dari 9 kedipan)
“semoga bermanfaat sist/brow”

Image
Image
Image
Jangan ragu dgn motor PGM-FI HONDA.. Garansinya Mantab Brow..Honda telah lama mengembangkan Sistem PGM-FI, bahkan sudah lebih dari 31 tahun Sistem PGM-FI diterapkan di motor Honda. Jadi kehandalannya tidak perlu di ragukan lagi. Karena itu Honda berani menjamin Sistem PGM-FI dengan memberikan Garansi selama 5 Tahun/50000km. Garansi sistem PGM-FI ini berlaku untuk semua sistem dan sensor PGM-FI, kecuali yang habis pakai seperti Filter bahan bakar dan selang bahan bakar. Garansi dapat dilaksanakan di Ahass ACS di seluruh indonesia dimana konsumen berada.

Image

Perawatan motor PGM-FI sangat mudah. seperti halnya motor biasa atau sistim karburator… So.. Jangan takut apabila ada kendala..
Image
Adapun keunggulan Honda PGM-FI sangat diacungi jempol. Ini pula yang dikatakan oleh salah seorang konsumen di Surabaya.Sudah hampir 8 bulan ini, saya memakai motor Honda BeatFI. Motor BEAT-FI ini sangat menunjang dalam aktifitas keseharian saya. Dan yang utama Irit, Ramah lingkungan, Bebas polusi. Yang tak kalah penting adalah akselerasinya, meskipun irit tidak mengurangi kinerja mesin. Ini telah saya buktikan sewaktu mudik Lebaran bersama keluarga tujuan Surabaya – Solo pp.
Berikut keuntungan menggunakan HONDA PGM-FI :
• Mengurangi emisi gas buang
• Lebih hemat bahan bakar
• Tarikan lebih responsif
• Mesin mudah dihidupkan pada kondisi apapun
• Kondisi idle yang stabil
• Memudahkan perawatan mesin
Salam Satu Hati “ONE HEART”

Image
@.di Rilis oleh Alim syaiful Abbas,_

About komphacssurabaya

PENULIS ARTIKEL&doc di rilis oleh : BAMBANG RAMINTO. (Rienthoe)

Posted on December 2, 2013, in Halaman. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

Inilah Aku

Sebuah catatan visual dari mata kiri

denog note

Watch, Learn, share and Travel

Mabry Campbell Photography Blog

Photo Blog ⎟Here you will find my Study Images + Test Images + Portfolio Images

Mobile Photographs

See them everywhere

More Has To Happen

for screenwriters and screenwriter sympathizers

komunitashondamegaprokebumen

info terkini segala merk sepeda motor

Safety First !!!

Seputar Dunia Roda Dua, Roda Empat & Wisata

Touring, Adventure and Humanity

menikmati setiap rentang waktu dan perjalanan ber-adventure

%d bloggers like this: